16 April 2016

Anak Pertama (Super Big Bro)

Jujur gue bukan seorang yang jujur. Kadang bohong, kadang bolong (lubang idung gue, yaiyalah biar bisa napas). Gue anak pertama dari 3 bersaudara, adek gue yang cowok kelas 3 SMP mau lulus, adek gue yang cewek kelas 6 SD mau lulus juga. Gak tau kenapa gue dilahirkan pertama dari perut Ibu gue, (yaiyalah masak dari perut bapak gue). Mungkin biar gue yang jadi bahan percobaan untuk di uji coba dengan kerasnya hidup di dunia.

Entah kenapa kali ini gue penasaran kenapa gue lahir jadi anak pertama. Katanya sih anak pertama itu jelek, harus bisa ngebantuin orang tua ngejaga dan ngebiayain adeknya kalo udah kerja nanti. Dan itu memang bener sih, apalagi dibagian yang “jeleknya”.

Tapi gak masalah, setidaknya kita sebagai anak yang berbakti sama orang tua, harusnya bisa ngebantuin orang tua kita, ngebahagiain mereka.

Enaknya jadi anak pertama itu, bisa nyuruh adek-adek kita. Tapi sayangnya itu gak berlaku ke gue. Setiap gue minta tolong atau nyuruh adek-adek gue, beli apa gitu, mereka kadang nolak, apalagi yang cewek tuh, susahnya minta ampun kalo disuruh-suruh. Tapi kadang gak enaknya, gue harus ngalah sama adek gue dalam hal apapun.

Hal yang paling menyedihkan lainnya, biasanya sih, wajah anak pertama jauh kalah ganteng/cantik daripada adiknya. Itu sih yang membuat gue pengen operasi plastik biar cantik, eh.

Foto ini bukan foto gue dan adik gue. Kami bertiga bukan berdua.

Setidaknya, orang yang dipanggil kakak itu, bisa ngebantuin adek-adeknya. Selalu ada ketika adek-adeknya lagi butuh bantuan. Contohnya gue, gue adalah abang idaman adek-adek, apalgi adek-adeknya kamu, iyah kamu. Gue sering nganterin adek gue pas berangkat kerja, jemput adik gue pas lagi dia pulang sekolah, les, ataupun lagi maen ke temennya. Bisa ngerjain PR adek gue yang menurut dia susah, tapi menurut gue gampang banget. Ngeprint tugas dia, yang harusnya dia kerjain, gue tinggal ngeprint, malah gue yang ngerjain semuanya. Tapi jaman sekarang kan ada internet, semua jawaban atas permasalahan udah ada di internet. Tapi kalo soal masalah hidup jangan kalian cari di internet. Tanya aja sama rumput yang bergoyang. Entah rumputnya mau goyang ngebor, atau ngecor, atau goyang dribel yang penting mereka bisa jawab pertanyaan kalian.

Kalo boleh Jujur gue jarang ngobrol ataupun diskusi tentang hal apapun, gue lebih sering berantem sama adek-adek gue. Khususnya yang cewek. Karena sering gue bercandain. Bukannya ketawa malah nangis teriak-teriak ngejen. Gue juga sering godain adek cewek gue, itung-itung buat belajar ngegodain cewek ntar kalo ketemu dijalan. Tapi meskipun sering berantem, gue kalo sama adek gue ngalah. Kalo mereka lagi ada PR, gue yang ngerjain, kalo ada pelajaran yang gak mereka ngerti, gue yang jelasin (mereka kebanyakan ngowo sih di kelas, jadi gak merhatiin guru yang ngejelasin).

Jadi buat kalian para kakak in this world (not underworld yah), jadilah kakak yang bisa melindungi dan menjaga adik-adiknya, bisa ngajarin mana yang baik mana yang bener. Jangan ngajarin minum baygon atau makan obat nyamuk. Entah kenapa gue berpikiran bahwa kakak juga punya tanggung jawab juga dalam perkembangan adik-adiknya, bukan cuma orang tua aja. Dan jangan lupa, semua yang kalian lakuin secara gak langsung bakal ditiru sama adek-adek kalian, jadi jaga sikap dan ucapan kalo lagi pas ada adek-adek lu. Kalo engga ada ya gakpapa sesuka udel lu.

So, promise me that you, the older brother, must take care your brother or sister or both of them.

Salam hangat untuk seluruh Anak Pertama di seluruh pelosok penjuru dunia.


Salam rindu untuk kamu yang tidak pernah bisa aku dapatkan (gebetan).

No comments:

Post a Comment