10 September 2013

Tahapan Tes USM STAN

Hey! Hey! Hey!
ALHAMDULILLAH. Seneng banget rasanya hari ini dan seterusnya.
Karena apa? Karena aku diterima di STAN guys! (pretpretpret)
Gak nyangka dan gak kebayang sampe bisa diterima di sekolah yang aku idam-idamkan itu.
Penasaran apa aja yang harus dilakukan jika ingin sukses diterima masuk STAN??
Ini aku share pengalamanku.


Hal-hal yang perlu dan penting kalian lakukan:
1. Cari informasi di internet (stan.ac.id) atau tanya teman yang tau informasi tentang penerimaan mahasiswa baru STAN. Karena tidak setiap tahun STAN menerima mahasiswa baru.
2. Persiapkan matang-matang untuk menghadapinya seperti: mengerjakan soal-soal STAN dan berolahraga (lari). Karena di tes selanjutnya akan ada Tes Kesehatan-Kebugaran yang akan dilakukan setelah kalian lolos Tes Tulis.
3. Berdoalah dan memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan. Karena usaha tanpa doa itu sama seperti butiran debu
4. Ingatlah jadwal baik-baik jangan sampai keliru ataupun terlambat.
5. Datanglah tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ingat! Pemerintah lebih suka orang yang rajin dan giat serta setia mengabdi pada negara.

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILALUI:

1. TAHAP PENDAFTARAN
Setelah kalian mentransfer biaya pendaftaran, kalian akan membuat akun di situs stan.ac.id yang nanti kalian akan disuruh mengisi form online yang berhubungan dengan Data Diri, Nilai, Data Orang Tua, dan lain-lain.

2. TAHAP VERIFIKASI
Ditahap ini kalian akan mendapat jadwal untuk memverifikasi berkas-berkas yang akan anda bawa nantinya seperti ijazah, bukti cetak form online, dan pengambilan BPU.

3. TES TULIS
Setelah melewati tahap-tahap diatas, kalian akan mendapatkan jadwal Tes Tulis dan tempatnya. Biasanya waktunya serentak se-Indonesia. Ini adalah awal langkahmu menuju ke STAN. Ya dibagian inilah yang tersulit karena kalian akan melawan peserta dari seluruh Indonesia yang jumlahnya sampai puluhan ribu sedangkan yang diambil hanya ribuan. So, persiapkan mulai sekarang!

Agar kalian berhasil melewati tes ini aku punya sedikit tips atau info!!
Soal Tes Tulis terdiri dari 180 soal yang menjadi 2 bagian. Bagian 1 berjumlah 120 soal yang terdiri dari TPA, Matematika Logika, Bahasa Indonesia. Dan Bagian 2 berjumlah 60 soal Bahasa Inggris yang terdiri dari Grammar, Error Sentence, dan lain-lain.
NB: Minimal kalian harus benar 1/3 per bagian.

4. TES KESEHATAN-KEBUGARAN
Jika kalian lulus Tes Tulis, kalian harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes yang harus kamu lalui untuk resmi menjadi mahasiswa STAN. Ya! Tes Wawancara dan Tes Kesehatan-Kebugaran. Tes ini bukanlah FORMALITAS. Ini benar-benar di tes (saya langsung tanya sendiri ke panitia).

Peserta akan memperoleh jadwal untuk wajib melakukan pendaftaran  ulang pada hari pelaksanaan tes paling lambat pukul 11.00 waktu  setempat, dengan menunjukkan:
a. Bukti Peserta  Ujian (BPU)  asli; dan
b. Kartu  ldentitas Diri (liazah/KTP/SlM/Paspor/SKCK) asli.

Jadi sebelumnya kamu harus menunjukan BPU dan kartu identitas ke petugas registrasi untuk mendapat nomer antrian.

Rangkaian pertama adalah Tes Kesehatan, nanti kalian dikasih formulir yang isinya tentang kondisi kesehatanmu (seperti form cek up di Rumah Sakit), kira-kira isinya tentang :
- Diisi peserta tes: Identitas diri, golongan darah, punya penyakit apa, dan lain-lain.
- Diisi panitia sesuai hasil pemeriksaan:
1. Tinggi dan Berat Badan, usahakan ideal ya. (TB – 110 = BB)
2. Tekanan Darah, usahakan normal batas TD atas = 120 dan TD bawah = 80. Nah rumusnya dalam tes ini kalian harus tenang. Jika kalian tidak tenang, TD kalian akan naik melebihi batas. SO, santai aja guys.
3. Tes Mata, tes melihat dari jarak sekitar 5m disuruh melihat huruf-huruf yang ukurannya berbeda, nanti dokternya nunjukin ini huruf apa saja, dan kalian harus menyebutkannya dengan benar dengan satu mata ditutup.Dan itu dites secara bergantian yang kanan dan kiri. Jangan terlalu ditekan ketika menutup mata takutnya blur pas mata yang ditutup yang dites.
4. Tes Buta Warna, secara umumnya tes buta warna hanya disuruh melihat gambar berwarna-warni dan membentuk pola angka. Kalau matanya gak buta warna pasti kelihatan angkanya.
5. Gigi, THT, Ambeyen, dan perut.

Apabila sudah selesai semua tahapan tersebut, dokter akan menandatangani formulir kesehatan yang kita bawa tadi, lalu dokter menuliskan “Bahwa Peserta ini dinyatakan sehat dan siap mengikuti tes kebugaran”.

Rangkaian Kedua adalah tes kebugaran
Tes Kebugaran dilakukan di tanah lapang. Ada 2 tahapan tes kebugaran.
1. Tes Lari Keliling Lapangan
Tes ini, kita diminta mengelilingi lapangan yang dibatasi dengan bambu yang digunakan untuk mengetahui jarak lari kita. Tes ini yang dihitung adalah berapa kali putaran yang kalian dapat selama 12 menit. Standarnya kalian dapat jarak 2,5km selama 12 menit atau 5,5 – 6 kali putaran lapangan sebak bola selama 12 menit. Siapkan fisik, WAJIB!!! Latihan secara rutin ya (kalau bisa pas siang hari). Makan makanan yang bergizi dan istirahat yang teratur.

2. Tes Shuttle Run
Tes ini kita disuruh lari cepat (sprint) membentuk angka 8. Kalau shuttle run yang dihitung waktunya selama kamu lari 3x angka 8. Dalam tes ini akan ada 2 bambu berdiri kira–kira berjarak 3 meter. Nah kita disuruh lari cepat mengelilingi kedua bamboo tersebut 3x putaran. Standarnya maximal waktunya 18 detik. Jadi harus cepet-cepetan ya.

5. TES ASSESSEMENT (WAWANCARA)

1. Peserta melakukan registrasi kepada Panitia, dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan dan akan diberikan NomorUrut. Pada waktu registrasi peserta akan diberi formulir Tes Assessement yang harus diisi pada waktu itu juga. Dalam formulir tersebut kurang lebih isinya tentang:
- Identitas diri
- Riwayat Pendidikan
- Identitas Orang Tua
- Bimbingan Belajar yang Pernah Diikuti
- Pengalaman Organisasi
- Prestasi Selama di Sekolah
- Hobi
- Cita – Cita
- Jurusan yang dipilih di STAN
2. Setelah formulir diisi secara lengkap, peserta akan dipanggil panitia sesuai nomor urut dan diminta menyerahkan formulir tadi ke panitia.
3. Peserta memasuki ruangan untuk diwawancarai oleh psikolog.
4. Proses wawancara berlangsung sekitar 15 Menit dan akan di rekam oleh pewawancara.
5. Setelah selesai peserta bisa meninggalkan ruangan.

Tips dan Trik menghadapi Tes Assessement:
1. Datanglah tepat waktu dan berpenampilan menarik (rapi).
2. Pakaian sebaiknya Baju Putih Lengan Panjang, Celana Hitam (Kain Katun lebih baik), dan Sepatu Hitam (Van Tofel lebih baik).
3. Isilah formulir Tes Assessement dengan benar apa adanya tanpa dikurangi dan dilebihkan.
4. Pada waktu dipanggil untuk wawancara, dan bertemu dengan pewawancara ucapkanlah salam “Selamat Pagi Pak/Bu atau Selamat Siang Pak/Bu”.
5. Jangan duduk dulu sebelum dipersilahkan oleh pewawancara.
6. Mulailah diwawancarai, bersikaplah tenang, jangan gugup. Dalam proses wawancara kalian akan ditanyai mengenai isi dari semua formulir yang kalian isi tadi. Seperti soal prestasi, hobi kalian, organisasi semua yang aneh-aneh yang ada di formulir tersebut.
7. Bicaralah yang jelas (jangan terlalu cepat dan pelan), jangan bertele–tele dan jangan terlalu singkat. Apa adanya saja. INGAT!!! JANGAN BERBOHONG! Psikolog akan tahu jika kita berbohong.
8. Pandangan jangan melihat ke bawah, atas, samping. Tapi lurus ke depan tataplah mata Pewawancara (jangan terlalu tajam).
9. Besikaplah agak ramah, dalam berbicara selingi dengan senyum manis.
10. Setelah selesai ucapkan terima kasih dan salam.

Sudah beres nih Tes Kesehatan & Kebugaran dan Tes Assessement tinggal nunggu hasilnya.
INGAT! Berdoa dan Bertawakallah setelah berusaha. Karena bagaimanapun, sebuah nasib yang menentukan adalah ALLAH. Maka berdoalah kepada-Nya.
SUKSES BUAT KALIAN,  SEMOGA LOLOS!!!

8 comments:

  1. hi kak! makasih udah ngepost tulisan ini. sukses terus di STAN! :)

    ReplyDelete
  2. Hai juga :) iya sama-sama Amin makasi dek :) kamu juga sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. Kak kalo di STAN lulusan madrasah aliyah bisa daftar gak? Info dong

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Maaf baru balas ya dek, lagi sibuk magang ini :D. boleh kok SMK, SMA, MA, semuanya bisa asal memenuhi syarat yg udah ditentuin.

    ReplyDelete
  6. selamat malam ka, ijin tanya untuk pendaftaran STAN 2015 kapan ya ??

    ReplyDelete
  7. Untuk pendaftaran STAN biasanya bulan juni secara online dek, cek aja di websitenya stan.ac.id

    ReplyDelete
  8. Kak wawancaranya ada yg pake bahasa inggris ga?

    ReplyDelete