1 October 2015

Dream By Your Skill

Lama gak ngepost gara-gara terlalu sibuk dengan kerjaan. Di depan komputer, terlalu suntuk.

Setiap orang pasti punya impian. Dan memang benar setiap umur berbeda-beda impian. Mulai dari anak-anak kalo yang cowok pengen jadi Power Rangers sedangkan yang cewek pengen jadi Princess Barbie. Remaja kalo yang cowok pengen punya band keren, cewek cantik, mobil yang bisa dipake ngece kemana aja, sedangkan yang cewek pengen punya cowok tajir, kece, bisa jemput dan diajak jalan kapan pun dia suka. Mahasiswa/Mahasiswi pengen cepet lulus dan dapet kerjaan yang penghasilannya bisa dibilang cukup buat shoping. Sampai jadi orang tua pengen punya rumah, anak banyak. Dan akhirnya kakek/nenek yang pengen muda lagi, sehat, dan masuk surga. Itulah sederet impian sederhana yang anak SD pun bisa nyebutkannya. Yaps, mudah diucapkan tapi tidak mudah diwujudkan.

Oke, impian itu apa sih? Impian berkata dasarkan “Mimpi” dan mendapatkan tambahan kata “an” dan mengalamai reduksi huruf “M” sehingga menjadi kata Impian. Oke dari kata Mimpi ke Impian gak semudah yang dibayangkan bukan? Butuh proses juga kan?


Kita analogikan begini, Impian kita berawal dari “mimpi” dan mimpi tentu saja terjadi karena hal yang sangat kita inginkan dalam kehidupan kita, kita pikirkan terus dan berulang setiap harinya sehingga secara tidak langsung masuk kedalam alam bawah sadar kita ketika kita tidur. Di mimpi, kita boleh jadi merasakan apa yang kita impikan, tapi itu hanya sekedar khayalan, ilusi sesaat dan gak disetiap mimpi hal yang kita inginkan akan muncul. Nah, ketika kita bangun dari mimpi kita, kita menginginkan hal tersebut dapat terwujud di dalam kehidupan kita. So, kita berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi tersebut. Nah perjuangan kita ini lah yang masuk kedalam penambahan imbuhan huruf “an”. Kata “an” ini diambil dari akhir kata perjuangan. Jadi ada hal yang kita tambahkan untuk kata “mimpi” tadi agar mimpi tersebut terwujud. Kalian berjuang untuk menambah kemampuan kalian, menambah pengetahuan kalian dengan belajar, latihan terus menerus agar mental kita kuat. Nah di dalam perjuangan tadi pasti ada yang kalian korbankan, baik itu waktu, uang, energi, bahkan nyawa pun bisa jadi taruhan juga. Nah proses inilah yang disebut pengurangan kata “M” kita mengorbankan apa yang kita punya untuk mewujudkan impian kita, baik secara fisik, materi, dan sebagainya. Akhirnya muncullah kata baru yaitu “impian” yang berawal dari mimpi yang diperjuangkan dengan menambah kata “an” dan dengan mengorbankan huruf “M”.

Maksudku dari penjelasan panjang gak lebar diatas, untuk menggapai cita-cita kita butuh usaha keras dan pengorbanan yang besar. Mimpi bukan cuma ditempe di dahi dengan jarak 7cm bro! Mimpi bukan cuma ditulis pake huruf kapital besar di kertas bro! Biar cuma jadi pajangan yang Cuma kalian liatin. Mimpi itu perjuangan, perjuangkan sampai keringatmu habis! Percuma kalian pasang mimpi kalian di Sosial Media tapi kalian malas-malasan. Cuma pengen temen-temenmu tau kalo itu mimpimu gitu? Mimpi bukan untuk di umbar-umbar. Jadikan mimpimu sebagai tujuan hidupmu. Jadikan motivasi! Insyaallah pasti terwujud. Tentunya diiringi dengan doa.

Oke sekarang kalian punya mimpi yang harus diperjuangkan. Ingat! Diperjuangkan. Apapun mimpi itu, sesuaikan dengan kemampuan kalian. Yep, kalau kalian suka musik, ya berkecimpunglah dengan not balok, chord, dan teman-temanya. Jika kalian lebih menyukai pelajaran eksak seperti kima, ya buatlah poster tabel periodek unsur senyawa, atau reaksi kimia, dan yang lainnya. Ketahuilah siapa kamu dan jadi apa kamu kelak!. Ada dua macam tipe orang untuk menggapai mimpinya. Yang pertama Tipe Polos, tipe ini akan menemukan Passion nya sendiri ketika dia sudah menemukan apa yang dia cari. Jadi masih seperti menggambar di kertas putih polos. Sedangkan yang kedua Tipe Jadi, tipe ini dia sudah tau akan menjadi apa, sudah ada garis putus-putis, tinggal dia menyambungkan aja garis tersebut untuk mewujudkan mimpinya. Tipe ini sudah tau Passion dia ada dimana, dan sebisa mungkin mengusahakan agar sesuai Passion nya.


Jadi, yang terpenting kalian harus tahu, kalian ini hewan apa? Ya kalau kalian ini ular, jangan berusaha untuk menjadi Burung yang punya sayap. Atau ikan yang ingin punya kaki untuk berjalan. Diketawain kalian. Dan mungkin kalian bisa saja dapat mewujudkannya tetapi dengan hati yang terpaksa. Semua profesi sama, gak ada yang beda. Seperti halnya singa, macan, harimau. Sama-sama memakan daging, berburu. Cuma beda corak ditubuh saja.

Dan jangan sekali-kali kalian hidup hanya untuk uang, karena bahagia belum tentu dengan uang.

No comments:

Post a Comment