26 December 2015

Mitos-Mitos Yang Pernah Melegenda di Era 90-an (Era Jiban dan Jiraiya)


Banyak kenangan di tahun 90an yang kalo diinget pada masa sekarang kayanya sulit terulang lagi. Mulai dari pertemanan, gaya hidup, gaya permainan, acara TV, dan masih banyak lagi. Dan memori-memori itu lah yang ngebuat kita merasa "paling" beruntung. Memori indah bersama teman, keluarga, dan sahabat yang gak mungkin bisa dilupain. So, berbanggalah kalian yang lahir di tahun 90an.
Tapi, kali ini aku bakal ngebahas mitos-mitos yang entah kenapa dulu aku percaya dan pernah aku alami.

1. Mitos “Kalo Ngelangkahin Orang Kita Bakal Punya Hutang Darah”
Rekonstruksi kejadian "Ngelangkahin Orang" (Sumber: Nyunyu.com)
Salah satu mitos ini memang jarang saya temui. Mitos ini memang jarang diketahui banyak orang sih. Asa mula mitos ini belum jelas kenapa, mungkin pada waktu itu darah mulai langka di pasaran sama halnya kayak bensin sekarang (ya enggak lah!). Atau mungkin jaman dulu kampung-kampung tempat bersemayamnya mitos ini, dulunya merupakan sarang vampire (bukan sinetron GGS=Ganteng-Ganteng Seringgal**).
Mungkin ini "Ngelangkahin yang lebih greget"
Untuk hal ini kalian bisa tenang sedikit karena ada solusi biar hutang darah kita lunas. Caranya gimana? Caranya gampang, gak perlu sampai menyayat tangan kita terus kita kasih darah kita ke orang yang udah dilangkahi, cukup dengan datang ke PMI (becanda, becanda). Cukup dengan orang yang kita langkahi suruh melangkahi kita juga, maka hutang darah kita akan lunas. Tapi hal ini bisa dilakukan jika orang yang kita langkahi mau melangkahi kita. Kalo engga mau, yaudah kalian akan membawa hutang darah selama-lamanya, wuahahahaha #ketawajahat.
Maksud dan tujuan mitos ini sih menurutku memang baik yaa, agar kita lebih sopan santun dan menghormati sesama. Kalo begitu kan dunia akan menjadi lebih indah.

2. Mitos “Kalo Pake Pensil Yang Lebih Pendek dari Kelingking, Ibunya Bakal Meninggal”
Dulu, aku percaya kalo pake pensil yang lebih pendek  dari jari kelingking, nanti ibunya bakal meninggal. Gak tau juga sejak kapan nih mitos muncul.
Pas lagi di dikte, aku panik nih, “waduh gak bawa pensil”. Mampus. Terus nyari-nyari dibawa bangku sapa tau ada pensil orang ketinggalan kan mayan. Dan aha akhirnya ketemu, pas lagi mau nulis temen sebangku langsung ngambil aja tuh pensil “coba liat pensilmu bentar Ky” lalu dia ngukur tuh pensil pake kelingkingnya, “Wah Ky, udah gak ketolong kamu”. “Paan Njul?”. “Turut berduka yaa”. “Anjrit, kenapa?”. “Ini (sambil nunjukin perbandingan kelingking Panjul dengan pensil temuanku)”
Kira-kira seperti ini adegan si Panjul yang nunjukin perbandingan pensil dengan kelingkingnya
“Aduh iya, pensilnya lebih pendek dari kelingking” “Jangan dipake Ky” "Okeoke” sontak deg-degan njirr. Dalam hatiku berkata “Untung aja gak kepake, kalo sampe kepake, udah... kelar. Dan setelah itu aku punya rencana untuk cepat-cepat pulang setelah pulang sekolah. Gak jelas banget kan?

3. Mitos “Ngantongin Batu Kalo Lagi Kebelet Eek”
Yep, mitos ini merupakan solusi cerdas buat kalian-kalian yang lagi risau karena gak bisa ngerjain soal ujian dan karena kegalauan dan kerisauan itu munculah rasa ingin eek, sedangkan waktu ujiaan bentar lagi selesai dan temenmu masih belum ngelempar sekelumit kertas jawaban.
Tidak perlu khawatir, ambil aja batu terus kantongin, dijamin kebelet eekmu bakal hilang. Sudah terbukti dan diuji coba oleh temen SMPku, Inung namanya. Tapi semua itu tergantung dari batu yang kamu kantongin sih. Setiap batu punya efek masing-masing.
Kalo di daerahku sih, pake batu ini
Kalo yang ini buat yang kebelet kawin
Kalo yang ini buat kalian yang udah kebelet ngeliat gebetan putus sama pacarnya
By the way, ini foto Inung, foto dulu pas dia nahan bokernya karena gak kebagian WC.

4. Mitos “Jangan Keluar Pas Maghrib, Nanti Diculik Kolong Wewe”
Gara-gara mitos ini, anak-anak kecil dulu (termasuk aku) gak ada yang berani maen sampe jam 5 sore. Nih mitos emang serem pas jamannya. Tujuannya selain buat nakut-nakutin anak kecil, hal baik di dalamnya adalah orang tua biar gak repot-repot nyuruh pulang atau nyari anaknya.
(Sumber: Nyunyu.com)
Oh iya, si Kolong Wewe yang aku maksud itu kayak gini bentuknya.
Si Kolong Wewe (Sumber: Kaskus)

Bukan ini loh yaa... Hahaha.
Si Kolong Jembatan

5. Mitos “Cuci Kaki Sebelum Masuk Rumah Agar Tidak Diikuti Setan”
Mitos yang ini memang sering diceritakan dari orang tua ke anaknya. Salah satunya aku, tapi bukan orang tuaku sih yang ngasih tau tapi Omku, “Hayoo cuci kaki dulu kalo habis maen, setannya biar gak ngikut” Gak sekalian cuci tangan cuci muka terus tidur Om? Sebenernya sih setannya gak bakal ikut, karena aku adalah setannya mwahahahaha #ketawasetan

6.  Mitos “Jangan Makan Buah Sama Bijinya, Nanti Pohonnya Tumbuh di Perut”
Pernah gara-gara mitos ini aku jadi panik sepanik-paniknya. Gimana gak panik, aku gak sengaja makan semangka, terus bijinya kena makan juga tuh. Dan secara langsung, aku panik, takutnya mati gara-gara tumbuh pohon semangka keluar lewat mulut, mata, kuping, titit, dan asshole ku. Apalagi ditambah dengan minum air putih, proses tumbuhnya tuh pohon malah tambah cepet klan? Akhirnya aku tidur dan berharap besok engga mati.
Secara teori sih emang gak akan tumbuh pohon, karena tumbuhan untuk bisa tumbuh, selain  butuh air, dia juga membutuhkan media berupa soil/tanah. Selamatlah aku gak jadi Groot.

7. Mitos “Kalo Foto Bertiga, Yang Tengah Bakal Meninggal”
Entahlah siapa yang membuat mitos ini, sejak mitos ini beredar, orang-orang menjadi was-was dan gak mau foto bertiga. Pernah juga waktu itu pas foto bertiga, gak sadar kan, setelah foto diambil “cekrekk” temenku nunjukin, “Waduh Ris, gak ketolong kamu” “Kenapa?” “Kita foto bertiga begok, dan kamu yang  ditengah” “Anjay” Sepanjang perjalanan akhirnya aku memutuskan wiritan, takut terjadi hal-hal yang iya-iya.

8. Mitos “Ayam Jantan Berkokok di Tengah Malam”
Orang dahulu percaya bahwa apabila ada ayam jantan yang berkokok di sore atau malam hari maka akan datang gangguan dari mahluk halus, mungkin yang dia maksud si Chelsea Islan ya, kan kulit dia halus tuh. Mau dong kalo Chelsea Islan yang ganggu (abaikan lagi jomblo). Kalo yang mereka maksud itu setan, jin, atau mahluk buruk rupa lainnya, mungkin itu aku lagi nawarin jasa Sedot WC aja.

9. Mitos “Kupu-kupu atau Burung/Kelelawar Masuk Rumah”
Mitos yang ini berbeda 180 derajat dengan ayam berkokok. Katanya sih kalo ada kupu-kupu, burung atau kelelawar masuk ke rumah itu tandanya bakal ada yang datang ke rumah kita atau ada rejeki yang akan diperoleh oleh orang yang ada di dalam rumah itu. Mungkin tamu yang mereka maksud itu ya hewan itu sendiri ya.

10. Mitos “Dilarang Tidur di Pagi Hari atau Bangun Siang karena Rezeki kita akan di patok ayam”
Yap, masih seputar hewan, kali ini sih mungkin bukan mitos ya, tapi memang beneran. Kita emang dilarang tidur di pagi hari, biar gak malas-malasan. Tapi itu gak ngaruh sih ke aku, tetep aja kalo hari libur aku tidur trus smape siang (keliatan banget jomblonya). Tapi coba aja yang matok bukan ayam, ular atau burung pelatuk, pasti tuh gak ada yang berani tidur pagi-pagi.

11. Mitos “Kalau Makan Nasi, Nasinya Harus Dihabiskan, Kalau Tidak Nanti Nasinya Nangis”
Orang tuaku dulu sering sih bilang gitu, kalo aku males ngabisin nasi. Penasaran juga sih kalo nasi nangis kayak gimana, pasti lucu banget tuh.
Ternyata, ada dua nilai kearifan yang ditanamkan melalui mitos ini. Yaitu menghargai makanan sebagai rezeki karena banyak orang mati karena tidak bisa makan dan menghargai petani yang sudah susah menanam padi untuk kita makan.

12. Mitos “Mandi di Malam Hari Mengakibatkan Linu dan Nyeri”
Pusing pala berbi
Mitos ini baru aku ketahui pas kuliah, ceritanya sih pas lagi pengen mandi habis maen futsal, temenku bilang “lu mau mandi Ky?” “Iya, gerah” “Awas linu lu” “Iya, linu itu gara-gara lu bodi gue ampe jatoh”
Untuk membuktikan apakah itu mitos atau fakta, aku browsing dan ini dia:
"Mandi malam enggak masalah. Itu hanya mitos," tegas dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi, Handono Kalim, di Jakarta, Jumat (24/10/2014). (sumber: http://health.kompas.com/read/2014/10/25/091648823/Sering.Mandi.Malam.Sebabkan.Rematik.Mitos.atau.Fakta.). So guys, sante aja kalo emang mandi malam hari, termasuk mandi besar ifyouknowwhatimean :v

13. Mitos “Kalau Duduk di Atas Bantal Nanti Pantatnya Bisulan”
Hmm... kayaknya sih di bantal itu bekas dipake aku buat tidur sih, jadi mungkin ada kutu kupret dari rambutku yang berpindah ke bantal itu, sehingga kutu tadi menggigit pantat anda dan menyebabkan bisul pada pantat anda yang menduduki bekas bantal itu. Dan parahnya, orang Jepang sering tuh duduk beralaskan bantal, pasti tuh pada bisulan semua pantatnya.

14. Mitos “Kalo maen pesawat-pesawatan kertas, harus kita jampe-jampein HAKHHHHH”
Gak tau mesti ngomong apa kalo inget dulu masih jaman SD. Di tiup dulu bagian belakang pesawatnya, nanti terbangnya bakalan bagus. Kayaknya semua anak-anak pasti pernah ngalamin hal ini. Jadi ngebayangin gimana jadinya kalo yang kita tiup adalah pesawat beneran, butuh berapa nafas orang biar pesawatnya terbannya jadi bagus.

Ciyee berduaan

15. Mitos “Kalo Ada Helikopter/Pesawat Lewat, Kita Teriak Minta Uang”
Kalo mitos yang ini sering aku lakuin pas pulang bareng jalan ama temen-temen. Bahkan sampe teriak-teriak dengan penuh harapan helikopter/pesawat tadi menjatuhkan uangnya ke arah kita. Minta uang, Minta uang, sambil ngelamabaikan tangan ke kamera, eh, ke pesawatnya lah.
Ini beritanya bener gak ya?
Nanti deh kalo aku sudah kaya, punya pesawat pribadi, aku bakal ngelempar uang dari pesawatku, buat ngewujudin harapan anak-anak kecil dulu yang belum kesampean sampe sekarang.

16. Mitos “Mata Bintitan Disebabkan Karena Ngintip Orang Mandi”
Mitos ini mungkin masih bertahan sampai saat ini. Setiap ada orang yang sakit bintitan, pasti ditanyain, hayoo habis ngintip orang mandi ya? Pasti, itu, aku yakin banget. Saya juga pernah mengalaminya, bukan karena ngintip orang mandi, memang karena ada bakteri yang masuk ke mata saya sehingga terjadi infeksi. Dan hal ini membuat saya enggak enak ngumpul bareng temen, takutnya mereka semua ketularan sih. Udah sebulan lebih gak sembuh-sembuh, mungkin yang aku intip bukan cewek ya? Melainkan cowok, jadi sembuhnya lama.

17. Mitos “Temen Lo Ngajakin Makan dan Dia Bilang Dia Yang Bakal Bayarin”
Oke, ini mitos yang sangat-sangat harus kalian ketahui. Thats the real myth, vroh! Dan kalo itu terjadi, mungkin dia lagi butuh bantuanmu.

Yah, kesimpulannya sih dari semua mitos yang aku sebutin, ada yang bener, ada yang enggak, ada yang baik, ada yang buruk, semua ini hanya kenangan masa kecil yang mungkin menarik buat kita ingat lagi (buat yang pernah tau). Dan selain mitos yang udah aku sebutin, masih banyak mitos-mitos lainnya yang ada di Indonesia yang belum aku ketahui, dan masing-masing daerah punya mitos masing-masing.

Oiya, buat kalian yang penasaran sama Jiban dan Robot Jiraiya ini fotonya.
Bonus foto Jiban dan Jiraiya (buat yang penasaran aja sih)

Jiban

Jiraiya



No comments:

Post a Comment